Arsip Entri

GamerZone. Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Baru

Bagaimana Memilih HSF / Kipas Pendingin Prosesor Yang Baik?

Sebagaimana yang sudah kita bahas sebelumnya, HSF / kipas prosesor memiliki peran yang cukup signifikan dalam mendukung kinerja dan menjaga umur prosesor. Namun, tahukah anda bagaimana cara memilih HSF / pendingin prosesor yang baik dan sesuai dengan kebutuhan anda? berikut ini beberapa tips untuk anda.


1. Kenali Jenis  Prosesor Anda

Saat ini sudah banyak HSF / pendingin prosesor yang kompatibel dengan berbagai soket sekaligus, baik Intel ataupun AMD. Namun, masih banyak juga kipas prosesor yang dirancang hanya untuk satu merk/soket prosesor saja. Kenali prosesor anda, baik itu merk, jenis soket dan TDP nya. Pemilihan kipas prosesor yang tepat tentu akan menghasilkan proses pendinginan yang optimal.

2. Baca Review Di Internet

Kalau anda berada di lingkungan IT, mungkin anda bisa meminta masukan atau referensi dari teman teman anda. Namun, jika anda tidak ada teman yang bisa memberikan referensi, ada baiknya anda mulai mencari referensi di internet. Ada banyak sekali website dan forum yang membahas tentang HSF / kipas pendingin prosesor. Semakin banyak anda mengumpulkan referensi, semakin mudah anda menentukan pilihan.

3. Sesuaikan Dengan Ukuran Casing

Carilah HSF / kipas pendingin prosesor yang sesuai dengan ukuran casing anda. Ada banyak kasus ketika orang sudah terlanjur membeli hsf, ternyata mentok di tutup samping casing (tutup samping casing tidak bisa ditutup). Casing khusus untuk komputer dengan spek tinggi biasanya memiliki dimensi yang lebih besar dibanding casing standar sehingga anda bisa lebih leluasa memilih HSF. Sebaliknya, jika anda menggunakan casing standar apalagi casing mini tower / HTPC maka pilihlah HSF dengan desain desain mini atau yang didesain khusus untuk HTPC.

4. Sesuaikan Dengan Budget

Jangan terlalu tergiur dengan harga yang sangat murah atau terlalu bernafsu membeli HSF yang harganya selangit. Kembali lagi, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan prosesor anda. Pilihlah merk merk yang sudah terbukti kualitasnya

0 on: "Bagaimana Memilih HSF / Kipas Pendingin Prosesor Yang Baik?"

Jadi, Bagaimana menurut anda ?