Arsip Entri

GamerZone. Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Baru

Noctua NH-L12 Low Profile Heatsink

HSF, pendingin prosesor, noctua NH-L12
Yup, low profile heatsink. Itulah slogan dari produk pendingin prosesor  Noctua NH-L12 yang baru keluar sekitar bulan maret-april 2012 lalu. Besarnya yang hanya seukuran kipas original bawaan intel (stock cooling) ketika dipasang
, HSF ini memang ditujukan bagi mereka pengguna casing dan mainboard mini. Noctua NH-L12 mendukung hampir semua socket intel dan AMD dengan TDP 95 watt mulai dari AM2, AM3, AM2+ sampai dengan intel 775, 1155, 1156, 1366. Karena ditujukan untuk mainboard dengan form factor mATX atau mini-ITX dan dikhususkan pada komputer HTPC, maka HSF ini sangat tidak disarankan untuk aktifitas overclocking.

Pendingin prosesor ini dipersenjatai dengan 4 heatpipe berbahan dasar tembaga yang siap mengirim panas dari prosesor ke sirip alumunium. Tidak tanggung tanggung, dalam satu paketnya Noctua NH-L12 menyertakan 2 buah kipas kelas premium yaitu Noctua NF-F12 yang berukuran 120 x 120 mm  dan Noctua NF-B9 yang berukuran 92 x 92 mm yang sudah mendukung PWM. Dengan memanfaatkan fitur itu, anda dapat mengatur kecepatan putaran kipas yang juga berhubungan dengan tingkat kebisingan.
hsf, pendingin prosesor, Noctua NH-L12, htpc


Bagi yang sudah berpengalaman,  pemasangan Noctua NH-L12 ini terbilang cukup mudah. Dimana bracket terlebih dahulu di pasang di motherboard, lalu heatsink di pasang dan di kencangkan menggunakan obeng yang sudah di sediakan. Namun bagi pemula, hal ini tentu cukup merepotkan karena anda harus melepas mainboard dahulu dari casing untuk memasang bracket.

hsf, pendingin prosesor, Noctua NH-L12, HTPC

Tidak hanya itu; dengan bodi-nya yang cukup lebar, HSF ini akan menutupi slot RAM #1 dan #2. Maka jika anda menggunakan mainboard yang hanya memiliki 2 slot RAM, sudah tidak mungkin lagi anda dapat memasang RAM pada mainboard.


hsf, pendingin prosesor, Noctua NH-L12, HTPC

Dalam paket penjualannya, HSF dari Noctua ini menyertakan:


  • 1 set bracket untuk intel
  • 1 set bracket untuk AMD
  • 4 buah kabel konektor
  • 4 buah pin karet anti getar
  • 1 buah thermal paste NT-H1
  • 1 sticker Noctua
  • 4 baut
  • 1 obeng
Dengan harga sekitar 580 ribu IDR, HSF ini jelas bukan ditujukan bagi para pemula, tapi lebih kepada kelas medium/penikmat multimedia yang menginginkan pendingin prosesor yang lebih baik bagi HTPC mereka

0 on: "Noctua NH-L12 Low Profile Heatsink"

Jadi, Bagaimana menurut anda ?